Selasa, 21 Februari 2017

PERBEDAAN TEPUNG

1. Tepung Kanji = Tepung Sagu = Tepung Tapioka
2. Tepung Kanji terbuat dari singkong = Tepung Maizena terbuat dari jagung (beda di resep penggunaannya saja karena tingkat kekenyalannya berbeda)
3. Tepung Beras = Tepung Ketan (berbeda dikekenyalannya saja, tepung ketan lebih kenyal)
4.Tepung Maizena = saripati jagung. Dapat digunakan sebagai pengental, perenyah kue kering dan gorengan, pelembut tekstur kue, pencegah gumpalan gula halus, dipakai sedikit saja, karena kalo dipakai banyak bisa bikin kue lebih cepat berjamur.
5. Tepung Jagung = berasal dari biji jagung yang dihaluskan. Dapat digunakan untuk membuat keripik, biskuit, kue kering
6. Tepung Beras = berasal dari beras putih biasa yang dihaluskan. Dapat digunakan untuk membuat kue tradisional, pelapis gorengan supaya renyah, membuat bihun.
7. Tepung Ketan = berasal dari beras ketan yang dihaluskan. Lebih kenyal. Dapat digunakan untuk membuat kue tradional dan bolu.
8. Tepung Singkong = berasal dari singkong yang melalui proses fermentasi. Dapat digunakan untuk membuat roti, cake, kue kering.
9. Tepung Kanji, Tepung Aci, Tepung Tapioka = berasal dari saripati singkong/ubi. Dapat digunakan sebagai bahan baku untuk pembuatan bakso, empek- empek.
10. Tepung Sagu = berasal dari saripati batang pohon sagu. Mirip tepung kanji. Dapat digunakan sebagai pengental adonan, bahan untuk kue kering, bika ambon.
11. Tepung Hunkwe = berasal dari saripati kacang hijau. Berwarna putih. Dapat digunakan untuk bahan baku makanan tradisional seperti nagasari, centik manis, cendol.

Dan berikut apa yang membedakan TERIGU PROTEIN RENDAH, TERIGU PROTEIN SEDANG DAN TERIGU PROTEIN TINGGI
  1. Terigu protein rendah = mengandung gluten ± 8%-11%. Dapat digunakan sebagai bahan baku untuk pembuatan kue kering, pastel, gorengan, bakpau.
  2. Terigu protein sedang = mengandung gluten ±12%. Dapat digunakan sebagai bahan baku untuk pembuatan donat, bakpau, bapel, panada, cake, muffin, brownies, onde-onde.
  3. Terigu protein tinggi = mengandung gluten min 13%. Dapat digunakan sebagai bahan baku untuk pembuatan roti, mie.
Seperti yang kita tau, ada tepung terigu merk Kunci, merk Segitiga Biru dan Cakra Kembar.. Masing- masing berbeda kadar proteinnya..
  1. Terigu Kunci Biru = Protein Rendah201447111315125201010251510984201447101719859
  2. Terigu Segitiga Biru = Protein Sedang
  3. Terigu Cakra Kembar = Protein Tinggi.
sumber:https://serbetmerah.wordpress.com/2015/08/14/perbedaan-dunia-tepung/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar