Selasa, 21 Februari 2017

PERBEDAAN GAJI DAN UPAH

Gaji adalah pembayaran periodik kepada karyawan sebagai kompensasi untuk / nya penampilannya terlepas dari jam kerja. Hal ini biasanya jumlah tetap uang yang dibayarkan dalam interval tetap (misalnya 15 hari membayar, pembayaran bulanan, atau dalam beberapa kasus, pembayaran mingguan).
Jumlah tersebut tetap umumnya sebagian kecil dari gaji tahunan karyawan. Pembayaran mengatakan biasanya ditentukan dalam kontrak kerja. Memiliki jumlah tetap pembayaran per tahun, gaji memiliki kelemahan sendiri. Lembur biasanya diabaikan dan tidak akan dikompensasi, terlepas dari berapa banyak jam yang bekerja.
Juga, setelah gaji memutuskan, tetap tetap sepanjang (kecuali tentu saja karyawan diberikan kenaikan gaji atau promosi). Gaji mungkin memiliki kelemahan sendiri, tapi itu tidak datang dengan fasilitas nya juga.
Gaji juga dikenal sebagai paket, yang berarti bahwa karyawan tidak hanya menerima uang sebagai pembayaran, tetapi juga kompensasi lainnya seperti asuransi kesehatan, biaya pensiun, cuti / liburan, rencana pendidikan, dan manfaat lainnya.
Gaji biasanya ditentukan melalui perbandingan harga pasar gaji, meratakan tingkat upah dan gaji yang didirikan oleh majikan, keterampilan karyawan, atau bahkan ketersediaan orang yang dapat melakukan pekerjaan tertentu.

Upah

Berbeda dengan gaji, upah umumnya merupakan kompensasi moneter yang dibayarkan oleh pemberi kerja untuk pegawai dalam hal nya / jam nya bekerja. Alih-alih kompensasi dikutip secara tahunan, jumlah yang dibayarkan akan didasarkan pada jumlah jam kerja dikalikan dengan tarif per jam karyawan. Gaji juga menerima lebih cepat dari gaji, kemungkinan besar beberapa hari setelah masa kerja atau saat pekerjaan dilakukan.
Perbedaan antara Gaji dan Upah
Perbedaan antara Gaji dan Upah
Seperti gaji, upah memang memiliki downside-nya. Jika Anda meninggalkan pekerjaan, Anda tidak akan dibayar terlepas dari alasan Anda. Jika Anda sakit atau hamil dan tidak bisa bekerja, Anda tidak akan dibayar. Ini berarti Anda benar-benar harus hadir dan bekerja untuk dibayar. Anda tidak akan mendapatkan liburan dibayar, dibayar daun sakit dll
upah A mungkin tampak tidak diinginkan pada saat ini, tetapi juga tidak memiliki keuntungan. Tidak seperti gaji, lembur dikompensasi. Jika Anda bekerja 50 jam dalam seminggu, Anda akan menerima penuh 50 jam dikalikan dengan tingkat Anda sebagai pembayaran.
Untuk beberapa, pertama 40 jam akan dibayar pada tingkat biasa Anda, dan kelebihan jam akan 1,5 kali tingkat normal Anda. Kesempatan ini biasanya tidak diberikan kepada penerima gaji.
Upah biasanya ditentukan oleh keterampilan karyawan, ketersediaan orang yang dapat melakukan pekerjaan tertentu, atau melalui perbandingan harga pasar gaji.

Apa perbedaan antara gaji dan upah?

Mereka mungkin baik berkaitan dengan kompensasi untuk pekerjaan yang dilakukan, tetapi mereka berbeda dalam segala sesuatu yang lain.
Secara historis, pekerjaan tenaga kerja manual berarti mendapatkan upah, sementara pekerjaan profesional berarti memiliki posisi gaji. Hari ini, mereka memiliki makna sendiri. penerima upah bekerja pada tarif per jam, dan penerima gaji bekerja pada tingkat bunga tetap. siklus pembayaran mereka juga berbeda sebagai gaji biasanya dibayar bulanan, sementara upah biasanya dibayar setelah pekerjaan dilakukan.
Jika Anda adalah pencari nafkah gaji, Anda dapat dianggap beruntung karena penerima gaji memiliki manfaat lain seperti asuransi, daun dibayar dan sejenisnya. penerima upah tidak bisa memiliki manfaat ini, tetapi apa yang mereka dapatkan adalah lembur dibayar.
Mereka dapat bekerja lebih dari 30 atau 40 jam per minggu dan jam tambahan masih akan dikompensasi. Terakhir, gaji memiliki tingkat bunga tetap, sementara upah telah mengubah tarif, sebagian besar melalui harga pasar gaji saat ini.
sumber:http://kliksma.com/2016/08/perbedaan-antara-gaji-dan-upah.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar