Selasa, 21 Februari 2017

PERBEDAAN PLASMA DARAH DAN SEL DARAH

Darah

Darah dianggap sebagai jaringan ikat, yang terdiri dari matriks cairan yang disebut plasma dan beberapa jenis sel dan elemen terbentuk lain yang beredar dalam plasma. Biasanya seorang wanita dewasa memiliki sekitar 4 sampai 5 liter darah sementara seorang pria dewasa memiliki sedikit lebih banyak dari dari seorang wanita. Umumnya, jumlah darah memberikan kontribusi sekitar 6 hingga 8 persen dari berat badan seseorang.
Darah mengangkut oksigen, nutrisi, dan bahan lainnya ke sel dan menghilangkan karbon dioksida dan limbah lainnya dari sel. Hal ini sangat penting untuk menjaga homeostasis dalam organisme. Bagian seluler darah terutama terdiri dari sel-sel darah putih termasuk neutrofil, limfosit, monosit (makrofag), eosinofil, dan basofil, trombosit dan sel darah merah.
Sel darah merah adalah jenis sel utama yang mendistribusikan oksigen ke seluruh tubuh. Selain itu, sel-sel darah merah juga bertanggung jawab untuk membawa karbon dioksida sebagai bahan limbah. Sel-sel darah putih yang penting untuk respon kekebalan tubuh dan kegiatan pertahanan sedangkan trombosit yang penting dalam proses pembekuan.

Plasma

Plasma dianggap sebagai bagian cairan dari seluruh darah. Air merupakan komponen utama dari plasma; itu adalah sekitar 90%. Sisanya 10% dari seluruh plasma terdiri dari nutrisi, limbah, dan hormon, ion (Na+, Cl, HCO3, Ca2 +, Mg2 +, Cu2 +, K + dan Zn2 +) dan protein (albumin, globulin, fibrinogen). Protein plasma terutama bertanggung jawab untuk pertahanan, pembekuan, transportasi lipid dan penentuan volume cairan darah. Air dalam plasma bertindak sebagai pelarut dan membantu untuk mengangkut komponen seluler dan lainnya. Nutrisi seperti glukosa, asam amino, dan vitamin dalam plasma digunakan oleh sel-sel dalam tubuh. Hormon endokrin juga dibawa ke sel target mereka dengan melarutkannya dalam plasma darah.

Apa perbedaan antara darah dan Plasma?

  1. Plasma adalah komponen darah. Ini menyumbang sekitar 50% sampai 60% untuk membuat seluruh darah.
  2. Plasma berfungsi sebagai media untuk mengangkut sel-sel darah dan komponen lainnya.
  3. Darah yang ditransfusikan untuk pasien anemia sel sabit, pasien kemoterapi, pasien trauma dan mereka yang sedang menjalani operasi jantung sementara hanya plasma yang ditransfusikan untuk pasien yang menderita penyakit hemofilia.
    Perbedaan antara darah dan Plasma
    Perbedaan antara darah dan Plasma
  4. Plasma digunakan untuk pembuatan terapi menyelamatkan hidup orang dengan penyakit langka, kronis dan gangguan.
  5. plasma adalah lebih aman untuk transfusi dari seluruh darah terutama bila ada risiko ketidakcocokan.
  6. Seluruh darah berwarna kemerahan, cairan lengket sementara plasma adalah berwarna jerami, cairan bening.
sumber:http://usaha321.net/perbedaan-antara-darah-dan-plasma.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar