Selasa, 21 Februari 2017

PERBEDAAN FOTOSINTESIS DAN RESPIRASI

Respirasi

Respirasi adalah suatu proses biokimia yang mengubah makanan menjadi energi dengan oksigen, dan itu terjadi di dalam sel-sel dari semua makhluk hidup. Dalam respirasi, energi biokimia makanan diubah menjadi adenosin trifosfat (ATP) dan karbon dioksida menggunakan oksigen.
Karbon dioksida adalah produk limbah dan produk utama ATP adalah bentuk energi yang dapat digunakan untuk organisme. Oleh karena itu, respirasi dapat dinyatakan sebagai cara utama memperoleh energi yang akan berguna untuk menjaga semua proses biologis. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa makanan yang dibakar di dalam sel untuk menghasilkan energi melalui respirasi.
Gula (glukosa), asam amino, dan asam lemak adalah satu di antara yang sangat digunakan substrat pernapasan dalam respirasi. Hal ini penting untuk melihat bahwa proses respirasi dapat berupa aerobik atau anaerobik tergantung pada keterlibatan oksigen dalam proses. Proses respirasi aerobik menggunakan oksigen sebagai akseptor elektron terakhir sementara respirasi anaerob yang menggunakan bahan kimia lainnya seperti senyawa sulfur untuk menghasilkan energi.
Seluruh proses respirasi melibatkan empat langkah utama yang dikenal sebagai glikolisis, dekarboksilasi oksidatif piruvat, siklus asam sitrat (siklus Krebs), dan fosforilasi oksidatif. Setelah semua proses telah terjadi, akan ada jumlah bersih dari 38 molekul ATP dihasilkan dari satu molekul glukosa (C6H12O6). Namun, karena kebocoran membran dan upaya yang dihabiskan dalam bergerak beberapa molekul selama proses tersebut, batas produksi bersih untuk sekitar 30 molekul ATP dari satu molekul glukosa.

Fotosintesis

Fotosintesis adalah proses biokimia yang mengubah energi sinar matahari menjadi senyawa organik dengan menggunakan karbon dioksida. Karbon dioksida (CO2) bereaksi dengan air (H2O) dengan adanya sinar matahari untuk membentuk glukosa (C6H12O6) dan oksigen (O2). Fotosintesis terjadi di kloroplas sel tumbuhan, alga hijau, dan banyak spesies bakteri. Karena fotosintesis, tingkat CO2 global dipertahankan pada tingkat yang rendah, dan meningkatkan tingkat O2 di atmosfer. Namun, kegiatan antropogenik baru-baru ini memiliki efek merugikan pada pemurnian CO2 oleh fotosintesis di atmosfer. Warna hijau dari klorofil dalam kloroplas bertanggung jawab untuk menangkap sinar matahari pada tingkat yang diinginkan untuk proses aktivasi elektron.
Ada dua langkah utama dalam fotosintesis yang dikenal sebagai reaksi terang dan reaksi gelap; reaksi terang melibatkan Z-skema dan fotolisis air sedangkan reaksi gelap melibatkan siklus Calvin dan mekanisme karbon berkonsentrasi. Efisiensi seluruh proses fotosintesis yang diperkirakan akan bervariasi sekitar 3 – 6%. Namun, itu tergantung terutama pada tingkat karbon dioksida di atmosfer, intensitas cahaya, dan suhu.
Fotosintesis

Apa perbedaan antara Respirasi dan Fotosintesis?

  1. Respirasi berlangsung di semua makhluk hidup, tapi fotosintesis terjadi terutama pada tanaman dan organisme lain dengan kloroplas.
  2. Oksigen dilepaskan dalam fotosintesis ketika dikonsumsi dalam respirasi.
  3. Karbon dioksida dilepaskan dalam respirasi ketika dikonsumsi dalam fotosintesis.
sumber:http://artikeltop.xyz/perbedaan-respirasi-dan-fotosintesis.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar