Selasa, 21 Februari 2017

PERBEDAAN OTOT DAN RANGKA

Perbedaan otot rangka dan otot jantung

Semua hewan yang dicakup oleh otot, yang bertindak sebagai indikator untuk anatomi tubuh. Otot adalah jaringan kontraktil, yang berasal dari lapisan mesoderm sel germinal embrio. Terutama otot terdiri dari sel-sel otot. Otot diklasifikasikan menjadi otot rangka, otot jantung, dan otot polos.
Fungsi mereka menghasilkan kekuatan yang menyebabkan gerak; yaitu mereka dapat menyebabkan pergerakan organ internal atau penggerak dari organisme itu sendiri. Menurut fungsinya otot diklasifikasikan sebagai otot sadar dan tidak sadar.
Otot rangka adalah otot sadar di mana kontraksi terjadi dengan pikiran sadar; tapi otot jantung dan otot polos tidak disengaja di mana kontraksi terjadi tanpa pikiran sadar.

Otot rangka

Berdasarkan struktur otot rangka disebut otot lurik. Fungsinya dikendalikan oleh sistem saraf somatik. Sebagian besar otot yang melekat pada tulang oleh tendon, yang merupakan bundel serat kolagen.
Terutama, otot rangka terdiri dari sel-sel otot atau miosit; kadang-kadang secara kolektif disebut sebagai serat otot. Ini terbentuk dari fusi perkembangan sel yang dikenal sebagai myoblast menjadi sel-sel silinder panjang dengan inti. Serat otot terdiri dari miofibril seperti aktin (filamen tipis) dan protein myosin (filamen tebal). Di bawah tampilan mikroskop, dua filamen ini muncul dalam otot rangka dengan pola pita khas.
Selain itu, serat otot mengandung troponin dan tropomiosin, yang penting untuk kontraksi otot. Aktin dan myosin yang diatur dalam suatu unit berulang yang disebut sebagai sarkomer. Ini adalah unit fungsional dasar serat otot dan bertanggung jawab atas penampilan lurik. Interaksi aktin dan myosin bertanggung jawab atas kontraksi otot.
Otot rangka dikategorikan menjadi dua jenis; jenis serat pertama tampak merah karena adanya protein pengikat oksigen yang dikenal sebagai mioglobin sedangkan serat lainnya putih karena tidak adanya mioglobin.
otot rangka dan otot jantung
Tergantung pada kemampuan kedutan mereka serat otot rangka diklasifikasikan ke dalam serat berkedut cepat dan serat berkedut lambat. Sel-sel otot rangka yang dapat dirangsang (eksitabilitas ) menjadi sasaran depolarisasi oleh neurotransmitter asetilkolin.

Otot jantung

Otot jantung secara khusus ditemukan pada miokardium jantung, dan itu adalah otot lurik dan tak sadar. Otot jantung terdiri dari sel-sel otot jantung, yang disebut kardiomiosit, yang memiliki satu, dua, atau tiga atau jarang empat inti. Sel-sel otot jantung, seperti semua jaringan dalam tubuh, tergantung pada suplai darah yang cukup tidak hanya untuk memberikan oksigen dan nutrisi, tetapi juga untuk menghapus produk limbah. Karena kontraksi terkoordinasi sel-sel otot jantung, darah didorong dari Artia dan ventrikel ke pembuluh darah dari sistem peredaran darah. Tindakan ini membentuk sistol jantung.
Otot jantung memiliki sejumlah besar mitokondria, yang membantu respirasi terus menerus aerobik, banyak mioglobin, dan suplai darah yang baik.
Otot jantung juga menunjukkan lintas striasi dengan filamen tebal dan tipis yang bergantian. Di bawah tampilan mikroskop elektron, filamen aktin muncul pita tipis sedangkan filamen myosin muncul tebal dan lebih gelap. Sel-sel otot jantung sebagian besar bercabang. T-tubulus dalam otot jantung yang lebih besar, lebih luas, dan berjalan sepanjang-Disc Z. Disk interkalat menghubungkan miosit jantung ke sinsitium elektrokimia dan bertanggung jawab untuk transmisi tenaga selama kontraksi otot. T tubulus memainkan peran penting dalam eksitasi-kontraksi-coupling (EKG).

Apa perbedaan antara otot rangka dan jantung Otot?

  1. Otot rangka yang ditemukan di hampir semua bagian tubuh hewan sedangkan otot jantung hanya ditemukan pada miokardium jantung.
  2. sel otot rangka adalah linear dan longitudinal sedangkan sel otot jantung yang bercabang.
  3. Bila dibandingkan dengan otot rangka, T-tubulus dalam otot jantung yang lebih besar, lebih luas, dan berjalan sepanjang-Disc Z.
  4. Dibandingkan dengan otot rangka T-tubulus yang lebih sedikit pada otot jantung.
  5. bentuk otot jantung diads bukan traids, yang terbentuk antara T-tubulus dan retikulum sarkoplasma pada otot rangka.
  6. Otot rangka adalah otot sadar sementara otot jantung tidak sadar.
  7. Otot jantung membutuhkan ion kalsium ekstraseluler untuk kontraksi tetapi tidak perlu untuk kontraksi otot rangka.
  8. Otot jantung terdiri dari disk interkalat, tetapi sel-sel otot rangka tidak memiliki itu.
sumber:http://artikeltop.xyz/perbedaan-otot-rangka-dan-otot-jantung.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar